Thursday, February 10, 2011

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Merawat orang tua sama orang tuanya dengan keberadaan umat manusia. Perkembangan keperawatan,termasuk yang kita tau saat ini tidak dapat dipisahkan dan sangat dipengaruhi oleh perkembangan struktur dan kemajuan peradapan manusia. Kepercayaan terhadap animisme, penyebaran agama-agama besar dunia serta kondisi sosial ekonomi masyarakat.

1.Perkembangan Keperawatan Masa Sebelum Masehi
   Pada masa sebelum masehi perawat belum begitu berkembang, disebabkan masyarakat lebih mempercayai dukun untuk mengobati dan merawat penyakit. Dukun dianggap lebih maju untuk mencari, mengetahui, dan mengatasi roh yang masuk ketubuh orang sakit. Demikian juga di Mesir yang bangsanya masih menyembah Dewa Iris agar dapat disembunyikan dari penyakit. Sementara itu bangsa Cina menganggap penyakit disebabkan oleh setan atau makhluk halus dan akan bertambah parah jika orang lain menyentuh orang sakit tersebut.

2.Perkembangan Keperwatan Masa Setelah Masehi
   Kemajuan peradaban manusia dimulai ketika manusia mengenal agama. Penyebaran agama sangat mempengaruhi perkembangan peradapan manusia, sehingga berdampak positif terhadap perkembangan keperawatan.

1 comment:

  1. cuman itu saja kah z butuh sekali nih info yg lengkap tentang sejarah keperawatan...

    ReplyDelete